Jumat, 01 Februari 2019

Department Front Office

Hotel adalah sebuah bangunan yang menyediakan kamar – kamar untuk menginap para tamu dan ada penunjang makanan dan  minuman juga dilengkapi dengan fasilitas lain yang diperlukan dan dikelola secara komersial untuk umum. 



 Front office
Front office berasal dari bahasa inggris “front” yang berarti depan, dan “office” berarti kantor. Jadi front Office Department adalah departemen hotel yang tugasnya berhubugan lagsung dengan tamu, menerima pemesanan kamar tamu, menerima pendaftaran tamu, maupun memberikan informasi yang diinginkan tamu. Departemen ini merupakan kesan prtama bagi tamu ketika tamu hendak check in.
Adapun section  di Front Office Departement adalah sebagai berikut :
a.       Reservation Section yaitu seksi ini bertugas dan bertanggung jawab melayani tamu terhadap pelayanan pemesanan kamar, memberikan konfirmasi kamar dan mengontrol jumlah dan jenis kamar yang terjual dan yang belum terjual.
b.      Reception Section yaitu seksi yang bertugas melayani penerimaan kedatangan tamu perorangan, rombongan dan tamu-tamu VIP (Very Important Person).
c.       Concierge yaitu section yang bertugas melayani penanganan barang-barang tamu, memberikan penjelasan tentang informasi yang diperlukan tamu seperti penjelasan mengenai fasilitas hotel, tempat-tempat berbelanja, tempat hiburan dan qlain sebagainya.
d.      Telephone Operator seksi ini bertugas melayani permintaan sambungan telepon, baik lokal maupun interlokal, nasional maupun internasional. Malayani permintaan wake-up call.
e.       Front Office Cashier yaitu bagian atau seksi yang bertugas dan bertanggung jawab untuk menangani pembayaran bill tamu ataupun dalam penukaran uang.
f.       Airport & Harbor Representative yaitu seksi yang bertugas dan bertanggung jawab menangani tamu yang check-in ataupun check-out melalui bandara ataupun pelabuhan.
Hubungan Kerja Antara Front Office Department Dengan Departement Yang Lainnya:
1.            Housekeeping Department
Housekeeping department adalah department yang salah satunya di bagian hotel yang memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian, pembersihan yang di lakukan di area kamar, maupun di public area serta lobby maupun di semua area hotel. Adapun hubungan kerja samanya sebagai berikut:
a.               Masalah status kamar dan kebersihan kamar tamu
b.               Masalah room discrepancy (perbedaan status kamar)
c.               Masalah perpindahan kamar
d.              Masalah kedatanagan dan keberangkatan tamu.
2.            Food & Beverage Departement
Food & Beverage Departement adalah department yang menyediakan makan dan minuman bagi tamu. Beberapa hotel memiliki berbagai jenis restaurant dan menu makanan. Adapaun hubungan kerjasamnya sebagai berikut:
a.    Penyediaan makanan dan minuman sesuai dengan tingkat hunian kamar.
b.    Penanganan meal cupon
c.    Penanganan minuman selamat datang (welcome drink)
d.    Penanganan daily buffet sehari-hari di coffe shop (untuk tamu rombongan yang menggunaka  fasilitas meal coupon)
3.            Accounting Departement
Accounting Departement adalah bagian yang berhubungan dengan masalah keuangan hotel. Adapun hubungan kerjasamanya sebagai berikut:
a.    Menangani masalah penagihan kartu kredit tamu yang belum terbayar
b.    Masalah jumlah tagihan tamu
c.    Masalah remittance of funds
d.   Masalah penanganan hotel revenue
e.    Masalah penggajian bulanan
4.            Engineering Departement
Engineering department adalah memiliki peran dalan pemeliharaan struktur bangunan deperti listrik, dan mesin-mesin lainnya. Adapun hubungan kerja samanya sebagai berikut:
a.    Penanganan kerusakan AC, toilet, ataupun alat elektronik yang lainnya.
b.    Penanggulangan kebakaran
c.    Pembuatan kunci duplikat (jika hotel tersebutmasih menggunakan kunci manual)
d.   Menangani working/memo order sehubungan dengan kerusakan yang terjadi pada alat-alat di front office departement
5.            Security Departement
Security department adalah bagian yang bertugas dan bertanggung jawab akan ketertiban dan keamanan di area hotel. Sebenarnnya seluruh karyawan mempunyai kewajiban untuk menjaga keamanan para tamu yang menginap di hotel.
Adapun hubungan kerjasamanya sebagai berikut:
a.    Menjaga dan mengawasi kamar tamu yang akan di duga skipper
b.    Melindungi barang milik tamu.
c.    Menicptakan suasana aman kepada tamu, karyawan, dan pengunjung yang datang ke hotel.
d.   Mencatat plat kendaran bermotor yang masuk ke hotel khususnya yang mengantarkan tamu ke hotel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar