Housekeeping department adalah departemen
hotel yang bertanggung jawab atas seluruh kebersihan hotel baik dalam ruangan
maupun public area serta membersihkan berbagai fasilitas hotel. Housekeeping
terbagi atas beberapa seksi antara lain :
1. Florist, seksi yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai
bunga-bunga yang segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.
2. Gardener, Seksi yang bertanggung jawab untuk memelihara tanaman-tanaman
baik didalam maupun diluar hotel.
3. Room boy
4. Housman
5. Mini bar staff
Hubungan kerja antara Housekeeping dengan
departement yang lainnya:
1. Hubungan housekeeping dengan Front Office
a. Laporan status kamar (room report)
b. Laporan mengenai kehilangan barang-barang milik hotel yang dibawa tamu
c. Laporan mengenai penemuan barang-barang milik tamu yang tertinggal di kamar
sesudah tamu berangkat/check out.
d. Front office member informasi kepada housekeeping bahwa ada tamu yang
segera masuk/check in, sehingga housekeeping akan menyiapkan kamar untuk tamu
tersebut.
2. Hubungan Housekeeping dengan binatu (Laundry)
a. Menangani masalah pencucian pakaian tamu, pakaian karyawan, dan pencucian
linen-linen yang dipakai oleh bagian HK.
b. Penanganan keluhan tamu pada cucian, meliputi cucian kurang bersih,cucian
bernoda, cucian hilang atau rusak, dan cucian tertukar.
c. Penanganan keterlambatan pengiriman linen yang dipakai oleh HK maupun
outlet lain karena listrik mati, kerusakan mesin dan lain-lain.
d. Hubungan housekeeping dengan bagian pembelian (Purchasing)
e. Menangani pembelian dan penyimpanan barang-barang yang dibutuhkan oleh HK.
Barang tersebut meliputi alat-alat pembersih, obat pembersih,perlengkapan tamu,
linen-linen untuk HK, dan alat penunjang operasional lain seperti
formulir-formulir.
f. Hubungan Housekeeping dengan bagian Engineering
g. Perbaikan dan pemeliharaan alat-alat terutama yang menyangkut operasional
HK.
h. Perbaikan perlengkapan HK yang ada di kamar tamu.
3. Hubungan Housekeeping dan Security
a. Pengawasan oleh pihak keamanan pada area-area HK, meliputi corridor, tempat
tugas room boy dan kantor HK.
b. Keamanan barang-barang milik tamu dan keselamatan tamu.
4. Hubungan Housekeeping dengan Food & Beverage
a. Pelayanan room service kepada tamu.
b. Pengiriman karangan buah (fruitstand) untuk tamu VIP
5. Hubungan Housekeeping dengan bagian Personalia
a. Pengadaan tenaga kerja
b. Pengangkatan pegawai
c. Pelatihan pegawai
d. Pemutusan hubungan kerja
e. Cuti karyawan
f. Surat peringatan untuk pegawai
g. Pembayaran gaji dan lembur pegawai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar